• Kamis, 28 Oktober 2021

Lapas Kelas 1 Tanggerang Kebakaran, Sebanyak 41 Napi Tewas

- Rabu, 8 September 2021 | 13:50 WIB
jenazah para napi di lapas tanggerang yang terbakar
jenazah para napi di lapas tanggerang yang terbakar

TANGGERANG, INILAHNEWS - kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Rabu 8 September 2021 dini hari, menewaskan sebanyak 41 orang narapidana (napi). Dari korban tersebut, sebanyak 39 orang merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan dua korban lainnya merupakan warga negara asing (WNA).


"Ada dua orang WNA. Satu warga negara (WN) Portugal dan satu WN Afrika Selatan," ungkap Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada awak media, Rabu 8 September 2021.


Terkait korban WNA, Kemenkumham telah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, duta besar, dan konsuler dari negara para WNA yang meninggal tersebut.
Dia menambahkan, dari 41 napi itu, satu orang merupakan narapidana kasus pembunuhan, satu orang napi terorisme, dan yang lainnya napi kasus narkoba.

Baca Juga: Polisi Tangkap FN Pelaku prostitusi Online di Bandung


"Dari yang meninggal ada 41 orang, mohon maaf, satu (orang napi) tindak pidana pembunuhan, satu terorisme, dan lainnya tindak pidana narkoba," kata Yasonna.
Kronologi kebakaran tersebut terjadi pada pukul 01.45 WIB.


"Terjadi kebakaran pukul 01.45 WIB, petugas pengawas melihat dari atas, pengawas melihat kondisi itu terjadi api, langsung menelepon kepala pengamanan di sini," ujar Yasonna.


Kemduian Kepala Lapas langsung menghubungi pemadam kebakaran setempat hingga 13 menit kemudian 12 unit pemadam kebakaran datang. Yasonna menyebut, kurang dari 1,5 jam api di Lapas Tangerang berhasil dipadamkan.

Baca Juga: Rawan Sorotan KPK, Legislator Siadi Ingatkan Camat Dan Kades Di Malang Raya Pengelolaan Dana Desa

Menurut Yassona, Lapas Tangerang yang terbakar itu berada di Blok C 2 yang dihuni oleh 2.072 orang.


"Tentu kalian bertanya mengapa dikunci? Memang protap-nya lapas harus dikunci. Kalau enggak dikunci nanti melanggar protap," kata Yasonna.
"Yang selamat 81, yang korban 40 meninggal di tempat, 1 dalam perjalan ke rumah sakit," ucap dia.

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Terkini

X