• Selasa, 5 Juli 2022

Regenerasi Atlet, Tarung Drajat Jatim Gelar Kejuaraan Piala Kadispora

- Minggu, 7 November 2021 | 16:01 WIB
atlet Tarung Drajat Usia Dini (foto: istimewa)
atlet Tarung Drajat Usia Dini (foto: istimewa)

SURABAYA, INILAHNEWS-Untuk mencari bibit baru atlet dalam olahraga Tarung Drajat (Kodrat) Jatiim, Pengprov (Pengurus Propinsi) Tarung Drajat Jatim menggelar kejuaraan dengan memperebutkan piala Kadispora Jatim.

Menurut Ketua Umum Kodrat Surabaya dr. Sukma Sahadewa mengatakan tujuan digelarnya kejuaraan tersebut antara lain mencetak atlet yang potensial melalui event dalam bentuk kompetisi kejuaraan agar dapat berprestasi secara positif serta menjunjung tinggi nilai sportifitas.

“ Juga dilakukan untuk menjaring calon-calon atlet generasi masa depan dalam rangka melakukan regenerasi pembinaan prestasi di Jawa Timur,”jelasnya di Surabaya, Minggu 7 November 2021.

Sukma mengatakan kejuaraan dilakukan secara virtual dimana “Pengcab membuat video sendiri di tempatnya masing-masing dan keseluruhan gerakan dilakukan di atas matras 12 m x 12 m (boleh matras cabor lain minimal 8 m x 8 m),”jelas pria yang juga politisi Perindo ini.
Pria asal Kediri ini mengatakan dalam kejuaraan ini, dibagi dalam tiga kelas antara lain Kelas usia dini antara 6-13 tahun (dibuktikan dengan KK),Kelas PORPROV diikuti usia 6-22 tahun (dibuktikan dengan KK/KTP)” Sedangkan untuk untuk kelas umum diikuti oleh usia 6-29 tahun (dibuktikan dengan KK/KTP),”sambungnya.Baca Juga: Terpilih Ketua Tidar Jatim, Inilah Janji Gus Fawait Untuk Gerindra Di Pemilu 2024

Sekedar diketahui, olahraga Tarung Derajat bisa disebut sebagai kickboxing khas Indonesia. Awalnya seni beladiri itu diperkenalkan oleh orang Indonesia bernama Ahmad Drajat atau biasa dipanggil AA Boxer.

Tarung Derajat kemudian mulai dipopulerkan di Bandung sejak tahun 1972. Seni beladiri ini bersifat praktek langsung pada kondisi di lapangan. Latihan fisik olahraga beladiri ini sangat berat, mulai dari menahan pukulan sampai dengan memecahkan batako di kepala.

Tarung Drajat juga sudah menjadi beladiri resmi POLRI dan menjadi olahraga wajib yang harus dilakukan kalangan militer. *(wan)

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

Karantina Atlet PON, Ini Kata Pemkot Bandung

Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:00 WIB
X