• Selasa, 5 Juli 2022

Wakil Wali Kota Bandung Akan Tiru GBK Dalam Pengelolaan SOR Di Kota Bandung

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:18 WIB
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (Kanan/hitam)  dan Kadispora Kota Bandung Edy Marwoto (kiri/biru) saat berkunjung ke Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (Kanan/hitam) dan Kadispora Kota Bandung Edy Marwoto (kiri/biru) saat berkunjung ke Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

BANDUNG, INILAHNEWS - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa ada potensi ekonomi yang dapat diperoleh dari pengelolaan Sarana Olah Raga (SOR). Selain untuk berolah raga, kawasan SOR dinilai bisa dimaksimalkan dengan dijadikan kawasan wisata layaknya Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Yana mengungkapkan, pihaknya siap untuk melakukan studi tiru pengelolaan kawasan sarana olah raga ke Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Gelora Bung Karno (GBK).

"Jadi kita mempelajari bagaimana pengelolaan GBK, kemudian pola pola kerja samanya. Fasilitas apa saja yang ada dan bisa dikerjasamakan. Mana yang dikelola dan pemeliharaannya juga," kata Yana usai menyusuri kawasan GBK, Jakarta, Senin, 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Siswa Pukuli Siswi Viral, Wali Kota Bandung Soroti Peran Orang Tua

Menurut Yana, di kawasan GBK, tidak hanya terdapat sejumlah sarana dan prasarana olahraga saja. Namun terdapat kafe, minimarket, sentra kuliner, merchandise dan lokasi wisata sejarah. Yana juga turut mempelajarai pola pengelolaan sarana olahraga yang dapat dioptimalkan untuk keperluan komersil. Hal ini sebagai cara untuk menambah pemasukan guna memaksimalkan dukungan pemeliharaan.

"Pemanfaatan areal di sekitar stadion ini optimal dengan pemanfaatan yang dikerjasamakan, dan bisa bentuknya apa saja. Fasilitas penunjang tidak hanya untuk olahraga saja, tapi yang lainnya juga," jelasnya.

Diketahui bersama, Pemkot Bandung memiliki setidaknya 18 fasilitas berupa Sarana Olah Raga (SOR), Gelanggang Olah Raga (GOR) dan Gelanggang Taruna (GT).

Yana mengungkapkan, optimalisasi pengelolaan ini tidak hanya terbatas dari fasilitas utama olahraganya saja. Namun perlu juga pengembangan lingkungan di sekitar sarana olahraga sebagai faktor pendukung.

"Mempelajari pengelolaan atau nanti kita kerja sama seperti apa, bagaimana kita memanfaatkan lingkungan sekitar dan lingkungan pendukung lainnya," katanya.

Halaman:

Editor: R. Iwan

Tags

Terkini

Karantina Atlet PON, Ini Kata Pemkot Bandung

Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:00 WIB
X