• Kamis, 8 Desember 2022

Tingkatkan Harmoni Pengelolaan Zakat, Baznas Jabar Gelar Rakorda Tingkat Jawa Barat

- Senin, 26 September 2022 | 22:13 WIB
Rakorda Baznas Jabar dalam peningkatan harmoni dan profesionalitas SDM Baznas.
Rakorda Baznas Jabar dalam peningkatan harmoni dan profesionalitas SDM Baznas.

BANDUNG, INILAHNEWS -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat (Jabar) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang melibatkan Baznas Kota maupun Kabupaten Se-Jawa Barat. Rakorda Baznas Jabar berlangsung selama tiga hari sejak 26-28 September 2022 di Kota Bandung.

Pembukaan Rakorda dihadiri langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil beserta istri, Atalia Praratya Kamil, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, TB Ace Hasan Syadzily, dan Ketua Baznas RI, Noor Achmad.

Ridwan Kamil berpesan kepada para petugas Baznas untuk tidak mencari nafkah di Baznas, melainkan berjuang untuk kemaslahatan masyarakat. Gagasan atau program Baznas sudah sangat banyak, Emil sapaan Ridwan Kamil meminta Baznas untuk lebih meningkatkan kembali penerima zakat atau bantuannya kepada penerima manfaat.

"Dalam mengentaskan kemiskinan ini perlu ada tiga cara, yakni dengan cara diberikan bantuan, kedua dicarikan pekerjaan agar tak terus menerus meminta bantuan, dan terakhir mereka yang sudah menjadi wirausaha agar dapat berbagi ke sesama," kata Pria yang kerap disapa Kang Emil itu dalam sambutan di Rakorda Baznas Jabar.

Baca Juga: Perlu Kajian Dulu, Gus Fawait Sebut Proyek Kompor Listrik Nasional Membingungkan


"Kalau urusan gagasan udah juara, sudah keren, sekarang tinggal volume nya dinaikkan, bukan jumlah gagasan lagi, prosentase harus dinaikkan, guru ngaji yang dibantu 100 jadi 1000 tahun depan, masjid baru 12 nanti lebih banyak lagi," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Noor Achmad mengatakan bahwa Baznas sebagai lembaga non struktural dan pemerintah ini satu kesatuan yang tak terpisahkan dan saling membutuhkan. Menurutnya, program-program yang dimiliki Baznas seiring dengan program pemerintah guna mengatasi persoalan yang belum dapat terselesaikan dan bisa tercover oleh Baznas.

"Baznas Jabar ini termasuk ke dalam penguatan kelembagaannya baik, mulai tingkat provinsi sampai kabupaten/kota. Baznas di Jabar sudah merata pengelolaan zakatnya," ucap Noor.

Noor pun berharap ke depannya Baznas di Indonesia memiliki kampung zakat, seperti yang telah diluncurkan pertama di Lampung, sedangkan di Jabar baru ada beberapa kampung zakat dan bisa ditingkatkan.

Halaman:

Editor: R. Iwan

Tags

Terkini

Prabowo Subianto Gelar Piala Nusantara 2022

Sabtu, 16 Juli 2022 | 19:44 WIB

10 Sikap Wanita Yang Tak Disukai Pria

Minggu, 7 November 2021 | 20:08 WIB
X