Peluang UMKM Jawa Barat Go Global Semakin Terbuka

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:38 WIB
Pemimpin BNI Wilayah 4 Bandung, Edy Awaludin.
Pemimpin BNI Wilayah 4 Bandung, Edy Awaludin.

BANDUNG, INILAHNEWS - Potensi kemajuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin terbuka di era digital. Tak hanya pasar lokal, pangsa pasar internasional juga semakin terbuka di era digital.

Sebagai bank internasional yang terus berusaha meningkatkan kapabilitas para pelaku UMKM, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) meluncurkan Xpora sebagai upaya one stop solution hub bagi para pelaku UMKM agar dapat Go Productive, Go Digital, dan Go Global. Saat ini, Xpora telah hadir di 7 kota meliputi Jakarta, Bandung, Solo, Denpasar, Surabaya, Medan & Makassar.

Pemimpin BNI Wilayah 4 Bandung, Edy Awaludin mengatakan bahwa Xpora juga hadir secara khusus di Bandung untuk meningkatkan kapabilitas bisnis UMKM di daerah Jawa Barat. Xpora dapat membantu UMKM dengan memberikan berbagai nilai tambah seperti solusi dengan orientasi ekspor, pemberdayaan bisnis ekspor, solusi transaksi non tunai, aktivasi digital, kemudahan akses pasar, hingga solusi keuangan mudah dan terintegrasi, peningkatan Kapabilitas.

“Xpora adalah solusi terintegrasi bagi UMKM Ekspor baik dari sisi pembiayaan, transaksi, dan akses informasi. Ketiga hal tersebut kerap kali menjadi kendala bagi UMKM untuk maju dan berkembang,” ujar pria yang kerap disapa Edo tersebut, di Kota Bandung, 27 Oktober 2021.

Baca Juga: DAMRI Berhenti Operasi, Dishub Kota Bandung Siagakan TMB

Edo mengungkapkan, salah satu layanan utama dari Xpora adalah business matching, di mana UMKM lokal dapat dipertemukan dengan buyer yang ada di luar negeri. Dengan demikian, pangsa pasar UMKM, termasuk UMKM Jawa Barat dapat menembus pasar global melalui Xpora.

Pada 15 Oktober 2021 lalu, Xpora Bandung telah melakukan business matching antara SBE Priangan (PT Hana Mandiri Sejahtera, industri pengolahan ubi) dengan Forest Harvest Hong Kong yang merupakan nasabah Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI Hong Kong. Sehingga hasil bumi Jawa Barat akan dapat dinikmati oleh konsumen di Hongkong.

“Selain itu, BNI Wilayah 04 juga telah memiliki UKMN Binaan yaitu CV Frinsa Agrolestari, yang telah melakukan ekspor 13 Ton Green Bean Coffee ke Minneapolis, USA. Dengan adanya Xpora di Bandung, tentu ke depannya akan semakin banyak UMKM Jawa Barat yang eksis di kancah global. Untuk informasi lebih lanjut terkait Xpora, dapat mengakses https://xpora.bni.co.id/," ungkap Edy.

Kerjasama Antar Lembaga
Dalam memberikan pendampingan, Xpora Bandung bekerja sama dengan berbagai Kementerian dan Lembaga untuk mendorong kesiapan dan kualitas mereka. BNI Wilayah 04 telah melakukan sosialisasi Xpora dengan UMKM Binaan Kemenkop, Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Kepala Biro Perekonomian Jawa Barat, Komunitas Bisa Ekspor Bandung.

Sebelumnya pada 5-7 Oktober 2021, Xpora Bandung bekerjasama dengan Kemendag mengadakan PPEI (Pendidikan Pelatihan Ekspor Indonesia) dengan topik 'Prosedur Ekspor' yang dihadiri oleh 30 UMKM berorientasi ekspor.

Halaman:

Editor: R. Iwan

Tags

Terkini

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Di Bandung

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:10 WIB

Ini Rekomendasi Printer Terbaik Merek Canon

Senin, 13 Juni 2022 | 22:21 WIB

Kabin Lega, All New Xenia Makin Cocok Untuk Keluarga

Kamis, 9 Desember 2021 | 17:36 WIB

Peluang UMKM Jawa Barat Go Global Semakin Terbuka

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:38 WIB

Butuh Info Soal Finance? Klik disini

Senin, 4 Mei 2020 | 22:18 WIB

Butuh Tempat kost yang bagus? cari disini aja

Senin, 4 Mei 2020 | 22:12 WIB

Cari HP Baru atau bekas?  disini tempatnya

Senin, 4 Mei 2020 | 22:10 WIB

Cari Barang elektronik? Coba klik disini

Senin, 4 Mei 2020 | 22:05 WIB

Cari Motor Baru/Bekas ? klik disini

Senin, 4 Mei 2020 | 22:01 WIB

Cari Mobil Baru/Bekas? Silahkan cari disini

Senin, 4 Mei 2020 | 21:57 WIB

Cari ruko? disini Tempatnya  

Senin, 4 Mei 2020 | 21:55 WIB

Butuh Tanah di Bandung? Silahkan cari disini

Senin, 4 Mei 2020 | 21:50 WIB
X