PKS Dukung Jabatan Kades Diperpanjang, Inilah Alasannya

- Selasa, 17 Januari 2023 | 18:26 WIB



SURABAYA, INILAHNEWS: Dukungan untuk para kades se Indonesia yang menuntut penambahan masa jabatan terus mengalir. Dukungan juga muncul dari parpol PKS di Jawa Timur.

Menurut ketua fraksi PKS DPRD Jawa Timur Dwi Hari Cahyono mengatakan kades sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat memiliki posisi yang strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

" Tentunya dengan kondisi tersebut sesuai tugasnya, kami melihat penambahan masa jabatan kades dari enam tahun menjadi sembilan tahun masih bisa diterima dan masuk akal,"ungkap pria asal Malang ini, selasa 17 Januari 2023.

Pria yang juga pengusaha perumahan ini mengatakan stabilitas politik ditingkat desa juga sangat diperlukan untuk keberlansungan pembangunan semakin sering pilkades,"jelasnya.

"Di samping itu ongkos politik juga besar dan bisa di alihkan untuk kegiatan lain yang bermanfaat untuk masyarakat,"lanjutnya.Baca Juga: Dukung Perpanjangan Jabatan, Golkar Pasang Badan Untuk Kades se-Indonesia

Dengan waktu yang panjang, terang Dwi Hari Cahyono desa bisa merealisasikan program kerjanya dengan baik," saya malah sepakat sekalian 10 tahun dan bisa di pilih sampai 2 kali periode dengan demikian bisa membuat program per lima tahun sekali,"tuturnya.

Peran penting kades, kata aktivis NU ini, tidak di ragukan lagi untuk kesejahteraan masyarakat desa terbukti banyak kepala desa atau desa yang sukses membangun desanya dengan di buktikan dengan besarnya sumber pendapatan asli desa yang bisa menopang pembangunan desa yang kreatif dan mandiri.

Ratusan Kepala Desa dari Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Pabdesi) memenuhi area depan gerbang Gedung DPR RI, hari ini. Mereka menuntut DPR merevisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 pasal 39 tentang Desa.

Adapun pasal 39 tersebut berbunyi Kepala Desa memegang jabatan selama 6 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Kepala Desa bisa menjabat paling banyak tiga kali berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.*(wan)

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

X