Korlantas Polri Siapkan Skema Rekayasa Lalin Saat Libur Nataru

- Senin, 19 Desember 2022 | 18:16 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA – Mabes Polri akan melakukan  sosialsasi terkait skema rekayasa lalu lintas menghadapi libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, berharap sosialisasi lebih awal akan membuat masyarakat bisa mengetahui informasi serta menentukan perjalanannya saat libur Nataru.

“Masyarakat bisa tahu lebih dan menentukan perjalanannya, sehingga yang diperkirakan puncak arus pada tangal 23-24 Desember ini bisa dihindari,” ujar Aan, dikutip  dari NTMC Polri Senin (19/12/2022).

“Karena kita sudah menginformasikan kepada masyarakat puncak arus, sehingga akan memilih kapan akan pulang,” imbuhnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pimpin Upacara Bela Negara Tingkat Jabar

Korlantas Polri, kata dia, sudah mendirikan Command Center Km 29 Tol Jakarta-Cikampek untuk kelancaran arus libur Nataru. Aan juga mengatakan, Command Center ini akan dijadikan posko pantauan pengamanan lalu lintas K3I (Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi) saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

 “Jadi tadi kita melihat kesiapan untuk Command Center ini yang nantinya pada saat pengamanan nataru ini menjadi pusat K3I nya untuk pengendalian arus lalu lintas di tol maupun arteri, serta jalur wisata,” ucap Aan.

 Ia menambahkan, nantinya lewat aplikasi pengelola jalan tol, masyarakat bisa memantau pergerakan arus lalu lintas dan rekayasa lalu lintas yang akan di terapkan saat Nataru.

“Di gedung ini kita integrasikan semua aplikasi pengelolaan jalan tol, kami tadi baru mengintegrasikan dengan JID. Di sana bisa kita lihat kepadatan-kepadatan, indikator-indikator untuk melakukan rekayasa lalu lintas mulai dari contra flow, contra flow dua lajur sampai dengan one way,” ujar dia.

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X