• Selasa, 9 Agustus 2022

Perijinan Pabrik B3 Tak Kunjung Kelar, DLH Jawa Timur Dituding Lamban

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:02 WIB


 SURABAYA, INILAHNEWS:Kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur terus disorot dalam keseriusan dalam realisasi pembangunan pabrik B3 di Jawa Timur.

Anggota komisi D DPRD Jawa Timur Martin Hamonangan mengatakan sampai sekarang ini proses pengurusan perijinan masih di Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) di pusat." Harusnya dikawal terus untuk proses pengurusan perijinannya. Perlu diingat sudah hampir lima tahun proses pengurusan perijinannya sampai sekarang ini belum selesai,"ungkap politisi PDI Perjuangan ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu 3 Agustus 2022.

Martin mengatakan pihaknya mendorong agar dinas tersebut segera mempercepat proses perijinan realisasi pembangunan pabrik limbah B3 tersebut.

"Diakui kalau ruislag nya sudah jadi sehingga perlu ada sertifikasi aset untuk lahan yang akan digunakan untuk pembangunan. Ini sekarang ini baru prosesnya dan kami berharap BPKAD juga membantu memperlancar proses sertifikasinya,"jelasnya.Baca Juga: Kurang Transparan Di Lapangan, Penyaluran Bantuan Keuangan Desa Di Jawa Timur Layak Dievaluasi

Diakui oleh Martin, sampai saat ini belum ada legalitas dalam kepemilikan lahan yang akan dibangun pabrik limbah B3 tersebut." Secara legalitas belum balik nama dan masih atas nama perhutani sehingga proses sertifikasi harus dipercepat atas nama Pemprov,"jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ardo Sahak saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya mengakui adanya kelambanan tersebut." Silahkan kami disalahkan dan bukan pengambil kebijakan karena semuanya masih di Kementerian Lingkungan Hidup,"jelasnya.

Ardo Sahak mengatakan harusnya untuk penyelesaian masalah pengelolaan limbah B3 harus dilakukan duduk bersama pihak-pihak yang terkait dan berhubungan langsung dengan pembangunan pabrik B3. " Jangan DLH terus disalahkan. Duduk bersama dan menjelaskan tugas-tugas yang jelas. Jangan semuanya dibebankan ke DLH,"jelas mantan Kadis ketahanan Pangan ini.

Kalau dari segi aturan, lanjut Ardo Sahak,tugas DLH Jatim hanya membantu proses pengadaan dan perijinan untuk pembangunan pabrik B3 tersebut."Tugasnya DLH Jatim sebenarnnya sudah selesai, tinggal PT JGU yang meneruskan,"tandasnya.*(wan)

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

Pelayanan Pemakaman Umum Harus Makin Prima

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:38 WIB

Omzet Pasar Krearif Bandung Tembus Rp6,5 Miliar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:07 WIB

Ridwan Kamil Usul Bentuk Gugus Tugas Honorer

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:59 WIB

Jabar Kirim 558 Pramuka Terbaik ke Jambore Nasional

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:53 WIB
X