• Selasa, 5 Juli 2022

Menkominfo : Perlu Penyeragaman Data Keluarga Miskin Penerima STB

- Jumat, 17 Juni 2022 | 20:41 WIB
Menkominfo Jhonny G Plate
Menkominfo Jhonny G Plate

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate mengingatkan perlunya penyeragaman data keluarga miskin penerima bantuan Set Top Box (STB) atau perangkat dekoder penangkap siaran tv digital.

"Penyeragaman data pemberian bantuan Set Top Box kepada keluarga miskin dibutuhkan dalam rangka untuk menghasilkan fakta berbasis lapangan. Kegiatan yang berbasis Kependudukan Catatan Sipil, komunikasinya dengan para kepala daerah dalam rangka bagaimana memanfaatkan pengalaman serupa dengan sumber arus data yang sama,” ujar Johnny G Plate dalam keterangan tertulis dikutip pada Selasa (7/6/2022) lalu.

Johnny berharap kerja sama antara Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kominfo, Kementerian Dalam Negeri, dan kepala daerah dapat segera dilakukan.

Baca Juga: Migrasi TV Analog Ke TV Digital, Kominfo Siapkan Sarana Pendukung

Ia menekankan, kategori keluarga miskin tidak berdasarkan interpretasi masing-masing individu, namun mengacu pada amanat undang-undang sesuai langkah yang telah dilakukan oleh kementerian terkait lain.

Adapun data yang dibutuhkan dalam program bantuan STB, selain data masyarakat miskin, kata  Johnny, adalah hasil identifikasi jumlah siaran televisi swasta dan perangkat televisi yang dimiliki masyarakat.

Johnny menambahkan, pemasangan STB untuk keluarga miskin juga perlu dipertimbangkan atas dasar ketersediaan televisi. Dia mengatakan, bisa jadi ada keluarga yang sudah memiliki perangkat televisi digital sehingga tidak diperlukan STB lagi.

"Hanya kepada yang belum memiliki. Dan melalui rapat ini saya juga mengajak serta penyelenggara multipleksing (perusahaan-perusahaan televisi) yang akan menyediakannya, sehingga bisa mendengarnya dan berkoordinasi secara langsung karena lebih banyak yang akan membaginya,” imbuhnya.

Baca Juga: Libatkan 11 Perusahaan TV Swasta, Kominfo Percepat Distribusi Set Top Box Digital Gratis

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Karyawan Holywings Terpaksa Dirumahkan

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:38 WIB

Koordinasi dan Akurasi Data Percepat Program ASO

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:20 WIB

Siaran TV Digital Gratis Tidak Berbayar

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:17 WIB

Mudahnya Beralih ke Siaran TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 20:30 WIB

Ini Cara Mengubah Siaran TV Analog ke TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 11:25 WIB

Siaran TV Digital Hadirkan Bidang Pekerjaan Baru

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:48 WIB

Ini Cara Beralih ke Siaran TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:34 WIB

Ini Cara Membeli Set Top Box TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:19 WIB
X