• Selasa, 5 Juli 2022

Migrasi TV Analog Ke TV Digital, Kominfo Siapkan Sarana Pendukung

- Jumat, 17 Juni 2022 | 20:39 WIB
ilustrasi
ilustrasi

 

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan telah melakukan koordinasi dengan  pemerintah pusat, pemerintah daerah dan penyelenggara multipleksing untuk mempercepat pelaksanaan ASO.

 “Persisnya tanggal 30 April yang lalu kita telah memulai ASO dan kita akan meneruskan secara bertahap,” ungkapnya dalam Rapat Koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kepala Daerah, beberapa waktu lalu. 

Menkominfo meminta perusahaan penyelenggara multipleksing untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait lainnya, terutama dalam distribusi bantuan Set-Top-Box (STB) bagi keluarga miskin.

 Baca Juga: Libatkan 11 Perusahaan TV Swasta, Kominfo Percepat Distribusi Set Top Box Digital Gratis

“Karena fase-fase berikutnya kita akan lakukan Analog Switch Off juga. Saya minta mulai mendiskusikannya sekaligus memberikan tantangan kepada perusahaan-perusahaan televisi. Apa mungkin ASO dilakukan dari ibukota? Selama ini yang kita lakukan dari periferal atau pinggir. Kita bisa melakukan dari pinggir dan dari tengah, sehingga ini akan kita lakukan bersama-sama,” jelasnya.

 Menurut Menteri Johnny koordinasi yang ketat diperlukan, salah satunya berkaitan dengan ketersediaan data penerima yang sangat krusial. Menkominfo menilai apabila hal itu telah dilaksanakan maka digitalisasi penyiaran nasional akan menjadi mudah.

 “Makin cepat, makin baik. Pak Sekjen Kemendagri, saya harapkan bahwa ini kalau bisa nanti setelah rapat ini langsung dibentuk timnya dan bisa langsung koordinasi untuk memasukkan data-data yang bisa diberikan kepada nanti yang menyediakan STB untuk melakukan distribusinya lebih cepat,” tandasnya.

Baca Juga: Mudahnya Beralih ke Siaran TV Digital

Menurut Menteri Johnny, Lembaga Penyiaran Swasta akan mennyediakan perangkat berjumlah sekitar 4,2 juta STB. “Ketersedian 5,2 juta unit ini harus kita pastikan cukup bagi kebutuhan STB untuk televisi-televisi masyarakat miskin yang belum digital,” harapnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Karyawan Holywings Terpaksa Dirumahkan

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:38 WIB

Koordinasi dan Akurasi Data Percepat Program ASO

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:20 WIB

Siaran TV Digital Gratis Tidak Berbayar

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:17 WIB

Mudahnya Beralih ke Siaran TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 20:30 WIB

Ini Cara Mengubah Siaran TV Analog ke TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 11:25 WIB

Siaran TV Digital Hadirkan Bidang Pekerjaan Baru

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:48 WIB

Ini Cara Beralih ke Siaran TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:34 WIB

Ini Cara Membeli Set Top Box TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:19 WIB
X