• Selasa, 5 Juli 2022

Libatkan 11 Perusahaan TV Swasta, Kominfo Percepat Distribusi Set Top Box Digital Gratis

- Jumat, 17 Juni 2022 | 20:33 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melibatkan semua pihak untuk mempercepat  distribusi Set Top Box (STB) gratis untuk warga miskin. Termasuk Pemerintah Daerah dan  11 perusahaan TV swasta.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, jika koordinasi itu berjalan lancar, maka pembagian STB gratis untuk digitalisasi saluran TV bisa terlaksana dengan cepat, dan sesuai target.  Sehingga, kata Menteri Jhonny, seluruh masyarakat Indonesia menikmati siaran TV digital pada 2 November 2022 nanti.

“Saya minta mulai mendiskusikannya sekaligus memberikan tantangan kepada perusahaan-perusahaan televisi. Apa mungkin ASO dilakukan dari ibukota? Selama ini yang kita lakukan dari periferal atau pinggir. Kita bisa melakukan dari pinggir dan dari tengah, sehingga ini akan kita lakukan bersama-sama,” jelas Menkominfo pada zoom meeting yang dihadiri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan sejumlah kepala daerah, awal Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Mudahnya Beralih ke Siaran TV Digital

Ia mengatakan, kunci agar digitalisasi penyiaran nasional tercapai dengan baik, adalah dengan koordinasi mengenai verifikasi data penerima STB yang ketat antara pemerintah pusat, daerah, dan lembaga penyiaran swasta (LPS).

Menkominfo juga telah menginstruksikan pembentukan tim khusus untuk mempercepat distribusi STB kepada masyarakat miskin. Dia berharap, tim khusus nantinya bisa berkoordinasi sekaligus turut menyeleksi data-data calon penerima bantuan STB.

"Makin cepat, makin baik. Saya harap setelah ini langsung dibentuk timnya dan bisa langsung koordinasi untuk memasukkan data-data yang bisa diberikan kepada nanti yang menyediakan STB untuk melakukan distribusinya lebih cepat,” tukasnya.

Menkominfo menyatakan, akurasi penerima bantuan STB akan ditentukan oleh keberadaan data faktual sesuai kondisi di lapangan. Oleh karena itu, Menteri Johnny mengharapkan kerjasama antara Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Kementerian Dalam Negeri dan kepala daerah segera dilakukan.

Baca Juga: Pasang STB EviniX H-1, Hanya 5 Menit Sudah Bisa Nikmati 23 Kanal Digital

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Karyawan Holywings Terpaksa Dirumahkan

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:38 WIB

Koordinasi dan Akurasi Data Percepat Program ASO

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:20 WIB

Siaran TV Digital Gratis Tidak Berbayar

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:17 WIB

Mudahnya Beralih ke Siaran TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 20:30 WIB

Ini Cara Mengubah Siaran TV Analog ke TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 11:25 WIB

Siaran TV Digital Hadirkan Bidang Pekerjaan Baru

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:48 WIB

Ini Cara Beralih ke Siaran TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:34 WIB

Ini Cara Membeli Set Top Box TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:19 WIB
X