• Selasa, 5 Juli 2022

Ini Cara Beralih ke Siaran TV Digital

- Kamis, 16 Juni 2022 | 08:34 WIB
ilustrasi
ilustrasi

BANDUNG – Untuk menikmati siaran TV Digital sangat mudah. Pertama periksa pesawat televisi masing-masing. Lakukan saja scanning ulang program siaran. Pesawat televisi yang sudah ada tuner standar DVBT2 di dalamnya, otomatis televisi digital bisa menangkap dan menayangkan program-program siaran TV Digital.

Namun, setelah lakukan pindai (scanning) ulang program, dan siaran yang ada di televisi masih sama dengan sebelumnya, berarti pesawat televisi masih analog. Pesawat TV analog memerlukan alat tambahan bernama Set Top Box (STB) DVBT2 agar bisa menangkap sinyal TV Digital. Setelah STB dirangkaikan dengan televisi lama atau tabung, siaran TV digital akan tertangkap di pesawat televisi. 

Satu hal perlu mendapat perhatian masyarakat yaitu pastikan saat membeli STB atau pesawat televisi digital ada keterangan produk telah tersertifikasi Kementerian Kominfo. Tanda sertifikasi memberikan jaminan kesesuaian teknologi, spesifikasi teknis dan keamanannya. Bila teknologi atau spesifikasi teknisnya berbeda, perangkat tersebut belum tentu bisa menangkap siaran TV Digital di Indonesia secara optimal. 

Baca Juga: Ini Cara Membeli Set Top Box TV Digital

Tanda lainnya yang lebih populer adalah adanya tulisan “Siap Digital”, atau logo Maskot Digital Indonesia (MODI)  dalam kemasan. 

Siaran TV Digital bukan streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel. Segera beralih ke siaran TV Digital. tidak perlu kuota internet atau biaya langganan untuk menontonnya.

Meski demikian, dalam masa peralihan ke siaran televisi digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Baca Juga: Gandeng Pemerintah Daerah, Kominfo Percepat Distribusi Set Top Box Gratis

Salah satu keunggulan migrasi dari TV Analog ke TV Digital adalah ekonomi di internet akan tumbuh karena sebaran internet akan semakin merata. UMKM go online, e-commerce, bahkan informasi kebencanaan menjadi bagian dari kemajuan TV Digital. 

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Karyawan Holywings Terpaksa Dirumahkan

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:38 WIB

Koordinasi dan Akurasi Data Percepat Program ASO

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:20 WIB

Siaran TV Digital Gratis Tidak Berbayar

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:17 WIB

Mudahnya Beralih ke Siaran TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 20:30 WIB

Ini Cara Mengubah Siaran TV Analog ke TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 11:25 WIB

Siaran TV Digital Hadirkan Bidang Pekerjaan Baru

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:48 WIB

Ini Cara Beralih ke Siaran TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:34 WIB

Ini Cara Membeli Set Top Box TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:19 WIB
X