• Selasa, 5 Juli 2022

Siaran TV Digital Punya Manfaat Yang Baik Untuk Anak

- Selasa, 14 Juni 2022 | 11:49 WIB
ilustrasi
ilustrasi

BANDUNG – Migrasi siaran TV analog ke siaran TV Digiital ternyata banyak memiliki manfaat, salah satunya buat anak.

Anggota Pokja Komunikasi Publik Gugus Tugas Migrasi TV Digital, Apni Jaya Putra, mengatakan, setidaknya ada 87 juta anak di Indonesia yang menonton televisi. Sedangkan durasi menonton televisi rata-rata masyarakat Indonesia 5 jam hingga 18 jam.


“Melihat pola hubungan televisi dengan anak-anak di atas, siaran TV Digital hadir membawa beragam fitur agar bisa dimanfaatkan dalam menjaga anak terpapar tayangan tak pantas. Disisi lain, siaran TV Digital akan terasa ramah bagi anak-anak karena akan dilengkapi dengan fitur kontrol orang tua, " ujarnya kepada awak media kemarin ini.

Baca Juga: Ini Manfaat Beralih ke Siaran TV Digital


Maka, kata dia, dengan migrasi TV Analog ke TV Digital punya keuntungan baik anak. Orang tua tidak perlu khawatir lagi meninggalkan anak-anak yang menonton televisi. Orang tua bisa memanfaatkan electronic program guidance (EPG).
Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal PPI Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia menambahkan, penonton bisa melihat jadwal acara atau sinopsis suatu film yang tampilkan suatu stasiun televisi.


Dengan adanya Software Parental lock, terangnya, orang tua bisa mengontrol dan mengatur penggunaan televisi, internet, hingga komputer bagi anak-anak. Fitur ini untuk mengunci tayangan yang dianggap tidak layak tonton.


"Siaran digital ramah anak karena ada (fitur) parental lock. Orang tua bisa menggunakan parental lock. Jadi orang tua lihat dulu EPG dan lihat apakah acara televisi cocok atau tidak dengan anak. Kalau dirasa tidak cocok tinggal di-lock," jelasnya.

Baca Juga: Saatnya Beralih ke Siaran TV Digital


Geryantika mengatakan TV Digital tidak ada bedanya dengan TV yang ada di rumah saat ini. Masih menggunakan antena yang sama dan tidak perlu beli TV baru. Dia menegaskan, layanan ini pun gratis atau tidak berbayar.

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Karyawan Holywings Terpaksa Dirumahkan

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:38 WIB

Koordinasi dan Akurasi Data Percepat Program ASO

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:20 WIB

Siaran TV Digital Gratis Tidak Berbayar

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:17 WIB

Mudahnya Beralih ke Siaran TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 20:30 WIB

Ini Cara Mengubah Siaran TV Analog ke TV Digital

Jumat, 17 Juni 2022 | 11:25 WIB

Siaran TV Digital Hadirkan Bidang Pekerjaan Baru

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:48 WIB

Ini Cara Beralih ke Siaran TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:34 WIB

Ini Cara Membeli Set Top Box TV Digital

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:19 WIB
X