• Selasa, 5 Juli 2022

Ternak Di Jatim Masih Diserang, Erma Susanti : Perlu Reaksi Cepat Pengobatan PMK

- Jumat, 27 Mei 2022 | 18:48 WIB


SURABAYA, INILAHNEWS- Anggota Komisi B DPRD Jatim Erma Susanti mengatakan bahwa ada empat daerah di Jatim yang sudah dinyatakan ternaknya paling banyak terserang PMK.

Empat daerah tersebut, lanjut politisi PDI Perjuangan ini antara lain Mojokerto, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan.

“ Dari pertemuan pihak-pihak terkait, di empat daerah tersebut dibutuhkan obat-obatan jenis paracetamol dan vitamin untuk mencegah ternak tertular PMK,”jelasnya di Gresik, Jumat 27 Mei 2022.

Dikatakan oleh Erma, perlu ada reaksi cepat dalam penanganan PMK terhadap ternak yang ada disejumlah daerah di Jatim. “ Dari informasi sudah ada obat untuk penyembuhannya, sehingga perlu dilakukan pengadaan untuk obat tersebut,”jelasnya.

Dibeberkan oleh Erma, Pemprov Jatim bisa menggunakan anggaran bencana yang sudah dianggarkan di APBD Jatim untuk penanganan PMK karena hal tersebut masuk bagian dari bencana.Baca Juga: Jatim Raih Opini WTP Dari BPK RI, Dewan Jatim Ingatkan Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

” Jika belum memiliki dana maka bisa digunakan dana bencana untuk pembelian obat-obat tersebut sehingga bisa digunakan pengobatan massal untuk ternak di Jatim,”jelasnya.

Senada dengan Erma, wakil ketua komisi B DPRD Jatim Amar Saifuddin mengatakan saat ini yang dibutuhkan adalah penanganan cepat untuk mencegah sebaran dari PMK tersebut.

“ Saya mendengar kabar kalau pemerintah akan mendatangkan 3 juta vaksin dari Australia untuk penanganan PMK tersebut. Informasinya kisaran bulan Juni sudah didatangkan. Kalau bisa dipercepat untuk secepat mungkin penanganan PMK,”jelas politisi PAN tersebut saat ditemui di Dinas Pertanian Gresik.

Mantan wabup Lamongan ini mengatakan pihaknya berharap agar vaksin tersebut segera didistribusikan ke sejumlah daerah yang mendesak untuk segera di tangani sebaran PMK nya. “ Ada sejumlah daerah yang harus secepatnya ditangani, sehingga vaksin tersebut mendesak sekali dibutuhkan,”jelasnya.

Halaman:

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

X