• Selasa, 5 Juli 2022

Tingkatkan SDM, Puluhan Humas UPT di Kemenkumham Jabar Ikuti Sosialisasi Biro Kehumasan

- Rabu, 2 Maret 2022 | 06:59 WIB
Kakanwilkumham Jabar Sudjonggo  bersama pimti saat membuka sosialisasi menegemen publikasi kehumasan bersama Biro humas Kemenkumham RI
Kakanwilkumham Jabar Sudjonggo bersama pimti saat membuka sosialisasi menegemen publikasi kehumasan bersama Biro humas Kemenkumham RI

BANDUNG,INILAHNEWS - Puluhan Humas pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di jajaran Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat mengikuti sosialisasi tentang menegemen pemberitaan, Adventorial, Pemantauan dan Penanganan Media di Lingkungan Kemenkumham Jabar, Selasa, 01 Maret 2022 kemarin.

Kegiatan tersebut menindak lanjuti dari surat edaran Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kementerian Hukum dan HAM Nomor SEK 5-HH.01.04-47. Yang mana pegawai dibagian humas diberikan pembekalan mengenai tupoksi mengenai ilmu kehumasan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Sudjonggo mengatakatan, peran Kehumasan sangatlah penting karena selain memberikan informasi kepada publik mengenai tugas dan fungsi kemenkumham juga untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, kata Sudjonggo.

Baca Juga: Mitigasi Bencana Kebakaran Gedung, Kemenkumham Jabar Bersinergi dengan BPBD

“Kerja kehumasan bukanlah kerja yang ecek-ecek, Namun diperlukan keahlian dan kreatif tentunya untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Sehingga Kehumasan menjadi ujung tombak kemenkumham salah- satunya mengimbangi pemberitaan negatif dengan pemberitaan positif, dan perlu diingat bahwa hal baik yang kita sampaikan belum tentu diterima dengan baik oleh masyarakat," ucap Sudjonggo

Menurtnya, kehumasan pada jajaran kemenkumham Jabar dituntut untuk lebih inovatif. Dengan sumber data dan informasi yang yang ada pada UPT, bisa dijadikan sumber publikasi yang positif. Sehingga informasi tersebut bisa diterima baik oleh masyarakat.

Sementara menurut narasumber dari Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Kemenkumham RI, yaitu oleh Subkoordinator Peliputan & Penyajian Data Ali Nurdin mengatakan,  bahwa kinerja kehumasan pada UPT di jajaran Kemenkumham Jabar disarankan bermitra dengan media tentunya media yang terverifikasi oleh Dewan Pers RI baik itu media lokal maupun media nasional, kata Ali Nurdin.

 

Menurutnya, SDM pada kehumasan di kemenkumham Jabar dalam mempublikasikan informasi sudah baik. Namun yang perlu ditingkatkan lagi yaitu mengenai hal-hal yang kreatif yang positif mengenai Kemenkumham.

Halaman:

Editor: Caca Cariwan

Tags

Terkini

X