• Selasa, 5 Juli 2022

Sosok Ketua KPK Firli Bahuri di Mata Sahabatnya, Agus Suparman

- Selasa, 22 Februari 2022 | 08:03 WIB
Dr. H Agus Suparman, MM.
Dr. H Agus Suparman, MM.

 

BANDUNG - Siapa yang tak kenal dengan sosok Komisaris Jenderal Polisi Drs. Firli Bahuri, M.Si. ia adalah seorang Purnawirawan Polri yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia periode 2019–2023.


Dalam torehan karir hidupnya, Firli pernah tercatat pernah menjabat sejumlah jabatan penting. Ia pernah menjabat ajudan Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono, kemudian menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Kepolisian Daerah Banten, Karodalops Sops Polri, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, Deputi Penindakan KPK dan terakhir sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Selatan.


Bahkan nama Firli Bahuri kini mencuat dan sosoknya digadang-gadang untuk bursa Calon Presiden (Capres) 2024 menuai banyak respon positif banyak tokoh. Tak terkecuali, bagi tokoh Kabupaten Kuningan, Dr. H Agus Suparman, MM.

Baca Juga: PWI Kota Bandung Kembali Gelar Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan


Kedekatan Agus Suparman yang merupakan jebolan Program Pendidikan Reguler Angkatan 44 Tahun 2010 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI tersebut dengan Firli Bahuri diakuinya sudah terjalin sejak 18 tahun silam.


Dituturkannya, kedekatan dirinya dengan Eks Kasatreskrim Polda Metrojaya itu berawal saat dirinya hidup bertetangga dan saat itu dirinya menjadi Ketua RT di lingkungan Firli Bahuri bermukim.


“Saya secara pribadi, sudah sangat mengenal Pak Firli Bahuri sekitar 18 tahun lalu. Pak Firli membeli rumah di Komplek Galaxi Kota Bekasi. Kebetulan, saat itu saya ketua RT di komplek tersebut,” tutur Dr H Agus Suparman MM, Senin 21 Februari 2022.

Baca Juga: Kepruk Kepala Korban Dengan Batu Paving Sampai Tewas, Karyawan Toko Ditangkap Polisi 


Diceritakan Agus, bermula dirinya mendapat telepon dari seniornya Komjenpol M Nurdin yang saat itu memberitahukan bahwa Firli membeli rumah dekat rumahnya. Dari awal perjumpaan pun sudah sangat terlihat Firli sosok yang begitu humble, bersahaja, sederhana, tidak sombong. Firli langsung akrab dengan semua warga di komplek. Istilah kata cepat membaur, bergaul.
“Ketika itu, Firli masih berpangkat kompol. Baru pindah dari Polda Lampung, promosi ke Polda Metrojaya sebagai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dengan jabatan Kasatreskrim Polda Metro Jaya. Saya pikir perjalanan karir Firli termasuk moncer,” serunya.

Halaman:

Editor: Inilah Nuryati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X