• Sabtu, 28 Mei 2022

Ditemukan Warga Terpapar Omicron, Siadi: Masyarakat Malang Raya Perlu Tingkatkan Waspada

- Minggu, 16 Januari 2022 | 20:33 WIB


SURABAYA, INILAHNEWS- Anggota DPRD Jatim Fraksi Partai Golkar Siadi mengingatkan masyarakat di Malang Raya untuk berhati-hati dan tetap menerapkan prokes dalam berinteraksi sehari-hari.

Pasalnya, di Malang Raya khususnya di Kabupaten Malang telah ditemukan pasien terpapar Covid-19 varian omicron.

“ Saya mengingatkan berulang kali kepada masyarakat harus berhati-hati dan tetap prokes. Varian omicron ini telah muncul di Malang Raya khususnya di kabupaten Malang,”jelas pria yang juga ketua DPD Golkar kabupaten Malang ini saat dikonfirmasi, Minggu 16 Januari 2022.

Dikatakan oleh Siadi,meski di kabupaten Malang sudah dijumpai pasien terpapar omicron, pihaknya berharap masyarakat tidak panik.

“ Saya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Pemprov Jatim bersama seluruh pemerintah daerah, TNI/Polri dan pemangku kepentingan lain telah melakukan langkah antisipasi dan koordinasi sejak November 2021. Hal ini diiringi upaya massif vaksinasi kepada seluruh masyarakat,”jelasnya.Baca Juga: Warga Kabupaten Malang Terpapar Omicron, Inilah Penjelasan Gubernur Khofifah

Dikatakan oleh Siadi, percepatan vaksin juga terus dilakukan Pemkab Malang. Bahkan, untuk mencapai target vaksin khusus lansia, Pemkab Malang melakukan jemput bola atau door to door dari rumah ke rumah. Termasuk percepatan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

Mengingat saat ini di Jawa Timur ada tiga anak yang terkonfirmasi varian omicron dibawah usia 6 tahun.

Sekedar diketahui, ditemukannya warga yang terkonfirmasi positif covid-19 variant Omicron di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Terhadap yang terkonfirmasi positif covid-19 varian omicron saat ini, telah dilakukan isolasi di safe house Kepanjen. Sedangkan dua puluh orang yang kontak erat telah dilakukan tracing dan testing.

Pemeriksaan bagi pasien yang terkonfirmasi positif PCR hasilnya akan ditindaklanjuti dengan pengiriman sampel untuk Whole Genome Sequencing (WGS) yang dikirim ke Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair)

Sedangkan, sampai saat ini, berdasarkan data Satgas COVID-19 Jatim per 15 Januari 2022, kasus aktif COVID-19 di Kab Malang tersisa 20 orang dengan capaian dosis 1 vaksinasi umum 84.52% dan dosis 1 lansia 61.5%. Sementara keterisian ICU Isolasi di Kab Malang 7% dan bed isolasi 8%.*(wan)

Halaman:

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

X