• Minggu, 23 Januari 2022

Muhaimin Iskandar : Indonesia Harus Belajar Tiga Hal Dari Negara Maju

- Selasa, 4 Januari 2022 | 11:31 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar  (dok.dprri)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (dok.dprri)

JAKARTA, INILAHNEWS - Indonesia dinilai perlu belajar dari negara-negara maju untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar saat menyampaikan pidato bertajuk "Peta Jalan Indonesia Maju", Senin kemarin.

"Pembelajaran pertama, negara dan seluruh kebijakan-lembaga perlu semakin inklusif bermanfaat dan memajukan semua warga," katanya.

Kebijakan inklusif yang dimaksud, kata Muhaimin, antara lain dengan menghapuskan perbudakan, memberi kebebasan bagi perempuan untuk memilih dan terlibat dalam politik. Selain itu, memberi subsidi dan sarana infrastruktur bagi petani dan nelayan, mendanai pembentukan sistem pendidikan publik, serta memuliakan orang lanjut usia dengan berbagai layanan dan program perlindungan.

Baca Juga: Bahar Smith Ditahan Polisi

Pembelajaran kedua, lanjutnya, negara dan kebijakan publik mesti mendukung dan melakukan investasi serta menguasai modal ilmiah dan teknologi.

"Selama ini, kita kurang mengembangkan teknolog dan modal ilmiah sehingga nilai tambah produk produk pertanian kita diambil orang lain," bebernya.

Ia mencontohkan, Korea Selatan menjadi produsen baja terbesar di dunia meski biji besinya diimpor dari Indonesia. Begitu pula dengan Belgia yang menjadi produsen coklat terkemuka meski kakaonya didatangkan dari Indonesia.

 "Jika kita memiliki modal Ilmiah dan teknologi, maka Indonesia kita bisa produksi obat-obatan sendiri, produksi vaksin dan alat alat kesehatan sendiri," ujar wakil ketua DPR itu.

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amankan 3 Penegak Hukum, KPK OTT Di Surabaya

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:20 WIB

Kasus Omicron Alami Lonjakan, Capai 2.535 Orang

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:18 WIB
X