• Minggu, 23 Januari 2022

Rawan Lonjakan Covid-19 Dan Varian Baru Saat Pergantian Tahun Baru, Pintu Masuk Ke Jatim Diperketat

- Senin, 27 Desember 2021 | 09:52 WIB

SURABAYA, INILAHNEWS- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan assessment terhadap persiapan pergantian tahun 2022 di Jatim. Salah satunya mengecek sejumlah pintu masuk di Jatim sebagai antisipasi adanya lonjakan covid-19 dan masuknya varian Omicorn di Indonesia khususnya di Jatim. Pengawasan ketat diberlakukan, karena saat pergantian tahun baru diprediksi kedatangan PMI (Pekerja Migran Indonesia) melonjak karena adanya liburan tahun baru.


"Kita tahu Surabaya dan sekitarnya, termasuk NTB menjadi tempat yang konfinien, karena sebagian besar atau 30% PMI Indonesia ini berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTB, yang mungkin lebih prefer untuk menggunakan Juanda," kata Menhub (Menteri Perhubungan) Budi Karya Sumadi di Surabaya, senin 27 Desember 2021.

Budi Karya Sumadi mengatakan di Jakarta sekarang sekarang ini setiap hari sudah menerima lebih dari 3000 penumpang dan PMI yang ke Jakarta itu kurang lebih 1500. Oleh karenanya Juanda menjadi pilihan dan kami sudah melakukan assessment yang di Juanda cukup baik ya. Koordinasi Pak Pangdam, Pak Kapolda, Pak Sekda itu sangat baik," tambahnya.Baca Juga: Larang Aksi Borong Bahan Pokok, Stok Pangan Di Jatim Saat Nataru Aman

Lebih lanjut, Budi juga menyampaikan untuk tempat karantina memang ada beberapa kualifikasi yang di sampaikan dari kemenkes, yang memang sudah melakukan evaluasi tentang Omicron.

"Kita sudah sepakat akan menyediakan kamar, tadi Pak Pangdam dan Pak Kapolda bisa menyediakan kurang lebih 1500 kamar. Artinya kalau di sini akan ada isolasi selama 10 hari, maka paling tidak 100 atau kalau jumlahnya bisa ditingkat 150. Jika satu pesawat mendarat di Surabaya," jelasnya.*(wan)

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

Amankan 3 Penegak Hukum, KPK OTT Di Surabaya

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:20 WIB

Kasus Omicron Alami Lonjakan, Capai 2.535 Orang

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:18 WIB
X