• Minggu, 23 Januari 2022

Diresmikan Presiden RI Jokowi, Inilah Manfaat Bendungan Tugu Di Trenggalek

- Kamis, 2 Desember 2021 | 13:55 WIB
kholiq
kholiq

SURABAYA, INILAHNEWS-Sejumlah manfaat bendungan Tugu di Trenggalek yang baru saja diresmikan Presiden RI Jokowi diungkap oleh mantan wakil bupati Trenggalek Kholig. Pria yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Jatim ini mengatakan bendungan Tugu memiliki kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan dapat memberikan manfaat irigasi seluas 1.200 hektare.

“Harapannya dengan diresmikannya kemarin oleh Presiden Jokowi bisa mensejahterakan petani di Trenggalek,”ungkap politisi PKB ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis 2 Desember 2021.

Kholik mengatakan kehadiran bendungan ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat yang tinggal disekitaran lokasi bendungan.

"Begitu banyaknya manfaat yang didapat dari adanya bendungan ini. Mudah-mudahan semuanya akan memberikan manfaat yang besar dan meningkatkan kesejahteraan warga disekitaran lokasi," ungkapnya.Baca Juga: Cuaca Ekstrem Menghantui Sejumlah Daerah, Waspada Sepadan Sungai Di Jatim

Dijelaskan oleh Kholiq, Bendungan Tugu merupakan kegiatan pengembangan Sub Basin Kali Ngrowo yang merupakan rangkaian dari Kegiatan Pengembangan Wilayah Kali Brantas dengan memanfaatkan aliran sungai Kali Keser yang merupakan salah satu sumber air potensial untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“ Dengan luas 104 ha, Bendungan Tugu mampu mengaliri lahan irigasi sebesar 1.250 ha,”lanjutnya.

Memiliki daya tampung 12 juta M³,kata Kholiq, Bendungan Tugu juga mampu menjadi sarana penyedia air baku sebeser 12 liter/detik dan bisa mengembangkan listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 0,4 megawatt.” Bendungan Tugu juga diproyeksikan mampu menjadi sarana pengendalian banjir sebesar 20% atau setara dengan 42,47 M³/detik,”terangnya.

Sekedar diketahui, jelang tutup tahun 2021, Presiden RI Jokowi meresmikan dua bendungan di Jatim. Dua bendungan tersebut antara lain Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro.

Sedangkan di Jatim sendiri saat ini terdapat 6 Proyek Strategis Nasional (PSN) terkait bendungan yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat. Ke enam proyek bendungan tersebut adalah Bendungan Tukul di Pacitan, Bendungan Tugu dan Bendungan Bagong di Trenggalek, Bendungan Bendo di Ponorogo, Bendungan Gongseng di Bojonegoro, dan Bendungan Semanthok di Nganjuk.*(wan)

Halaman:

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

Selamatkan Bumi, Marinir Tanam 10 Ribu Pohon

Jumat, 21 Januari 2022 | 18:32 WIB

Pemkot Bandung Selalu Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:33 WIB

Puluhan Wartawan Ikuti Seleksi Porwanas 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 18:52 WIB

Forkopimda Jatim Genjot Vaksinasi Di Madura

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:40 WIB

Vaksinasi Anak Di Kota Bandung Capai 50 Persen

Selasa, 18 Januari 2022 | 10:11 WIB
X