• Minggu, 5 Desember 2021

Gubernur Jabar Ingatkan Masyarakat Untuk Terus Jaga Prokes

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:02 WIB
Gubernur Jabar Ingatkan Masyarakat Untuk Terus Jaga Prokes
Gubernur Jabar Ingatkan Masyarakat Untuk Terus Jaga Prokes

 

BANDUNG, INILAHNEWS -  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kemacetan lalu lintas di kawasan aglomerasi perlu disikapi dengan serius oleh pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota. Terutama soal kedisiplinan dan dan penegakkan hukum protokol kesehatan.

Di Jabar, ada 2 kawasan aglomerasi. Pertama, aglomerasi Bandung Raya meliputi Kota/Kabupaten, Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. Kedua, aglomerasi Bodebek meliputi Kota/Kabupaten Bogor, Kota/Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok.

Dalam beberapa minggu terakhir, suasana di setiap daerah aglomerasi it semakin ramai. Hal itu membawa kekhawatiran banyak pihak, terutama epidemiolog. Mereka memperingatkan kedatangan gelombang IlI pandemi Covid-19.

Baca Juga: Waspada Gelombang 3 Covid-19 di Akhir Tahun

Menurut gubernur, kemacetan merupakan konsekuensi peningkatan mobilitas masya rakat akibat pelonggaran PPKM. Transisi keadaan dari pandemi ke endemi terus berjalan secara bertahap. "Namun, pergerakan orang harus terus dipantau secara epidemiologis sehingga pandemi. Covid-19 tetap terkendali," kata Ridwan kemarin ini.

Herd immunity Pada kesempatan itu, Ridwan menuturkan, Kota Bandung, secara teori menuju herd immunity atau kekebalan kelompok. "Hal ini merujuk pada tingkat vaksinasi di Kota Bandung yang tertinggi di Jawa Barat,” ujarnya.

Ridwan menuturkan, sebagai contoh, vaksinasi dosis pertama Kota Bandung sudah di angka 90,22% atau melebih target 70%. Untuk vaksinasi dosis kedua 67,97%. Kondisi menuju kekebalan kelompok, kata Ridwan, juga terjadi di Kota Bogor dan Kota Cimahi. Di dua kota itu, vaksinasi dosis pertamanya di atas 80%.

“Namun, harus diingat, vaksin bukan obat Covid. Orang yang sudah divaksin tetap berpotensi terpapar Covid-19 apabila kedisiplinan terhadap prokesnya kendur. Maka, kami meminta agar petugas Satpol PP, TNI, dan Polri tetap mengawasi pergerakan orang di ruang-ruang publik dan komersial," ujarnya.

Ridwan juga meminta, pemda kabupaten/kota memastikan bahwa masyarakat mematuhi protokol kesehatan, terutama menghindari kerumunan.

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Terkini

Jelang Nataru Harga Cabai Melonjak Di Kota Bandung

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:23 WIB

147 Ribu Orang Di Kota Bandung Nganggur

Jumat, 3 Desember 2021 | 07:40 WIB

PPKM Level 3, Satpol PP Akan Sisir Tempat Wisata

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:23 WIB

Cara KASAD Jenderal Dudung Berterimakasih Kepada Guru

Selasa, 30 November 2021 | 18:12 WIB
X