Masih Dibutuhkan, Legislator Agusdono Prihatin BLT UMKM Dihentikan

- Kamis, 19 Januari 2023 | 08:59 WIB


SURABAYA, INILAHNEWS- Anggota komisi B DPRD Jawa Timur Agusdono Wibawanto menyayangkan keputusan pemerintah untuk menghapus BLT untuk UMKM yang diberlakukan terhitung pada tahun 2023 ini.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan ditengah kebangkitan ekonomi pasca pandemi, harusnya bantuan tersebut tetap diberikan mengingat saat dua tahun pandemi, kondisi perekonomian sedang terpuruk.

" Harusnya bantuan tetap diberikan sampai UMKM sudah bisa mandiri dan bisa mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Baru bisa dihentikan,"jelas pria asal Malang ini, Kamis 19 Januari 2023.

Pria bergelar doktor ini mengatakan kalau dasar pemerintah untuk menghentikan BLT tersebut karena perekonomian UMKM sudah pulih pasca pendemi, menurutnya hal tersebut salah besar.Baca Juga: Legislator Satib Beber Cara Penyelesaian Polemik Tambang Kapur Sadeng Jember

" Sekarang ini justru para pelaku UMKM sedang berusaha bangkit dengan pengembangan produknya menyesuaikan kondisi pasar. Sedangkan para pelaku UMKM ini masih belum maksimalkan untuk pemasarannya. Pemerintah harusnya turun langsung membantu pemasarannya,"jelasnya.

Pria bergelar doktor ini kembali menegaskan bantuan BLT untuk UMKM sangat mendesak sekali dibutuhkan untuk saat ini." Kami minta jangan distop dulu. Baru kalau sudah normal perekonomiannya saya sepakat untuk dihapus atau dihentikan,"tutupnya.

Kemenkop UKM telah menyalurkan BLT kepada 12,8 juta pelaku UMKM dengan nilai bantuan sebesar Rp15,26 triliun pada 2021.

dana BLT dialokasikan untuk keperluan produktif seperti membeli bahan baku sebanyak 88,5 persen, alat produksi 23,4 persen, dan membayar gaji pegawai 2,1 persen.

Namun, pada tahun 2023 ini, BPUM tersebut dihapus karena pemerintah merasa perekonomian masyarakat mulai pulih pascapandemi. UMKM sekarang ini oleh pemerintah dinilai lebih tahan banting dan mampu beradaptasi dengan baik bahkan ketika pandemi Covid-19 melanda.*(wan)

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

Bank bjb Bagi-Bagi Hadiah Untuk Ratusan Agen bjb BiSA

Jumat, 20 Januari 2023 | 19:35 WIB

Bank bjb Gelar Gelar Khitanan Massal

Rabu, 4 Januari 2023 | 17:21 WIB

Bank Bjb Manjakan Nasabah Dengan Berbagai Promo

Rabu, 28 Desember 2022 | 13:35 WIB

Bank bjb Raih Predikat Indonesia Most Trusted Companies

Selasa, 20 Desember 2022 | 14:32 WIB
X