• Rabu, 10 Agustus 2022

Manfaatkan Pariwisata Dan Budaya, Jatim Perkuat Kerjasama Dengan Australia Barat

- Selasa, 31 Mei 2022 | 06:17 WIB

SURABAYA, INILAHNEWS- Hubungan antara Jawa Timur dan Australia Barat telah terjalin selama 32 tahun. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berharap pariwisata dapat mempererat relasi antar masyarakat dalam kedua sister province ini.

Dalam kunjungan Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook pada Senin 30 Mei 2022 malam di Gedung Negara Grahadi Surabaya itu, Wagub Emil menyarankan beberapa bentuk kerjasama di bidang pariwisata agar dapat memantik minat masyarakat Jatim sekaligus Australia Barat.

Wagub Emil berencana menginisiasi suatu pekan ajang pertukaran budaya di bulan September nanti. Rencananya, Western Australia Week (WAW) ini diadakan bertepatan dengan kehadiran Perdana Menteri Australia Mark McGowan di Surabaya.

Diketahui, Australia Barat merupakan negara bagian yang kaya akan budaya aborigin dan pengaruh Eropa. Emil mengatakan, ini dapat memberi masyarakat Jatim "rasa Eropa di wilayah Pasifik" dan pengalaman baru terkait budaya Aborigin.

Sebagai bentuk pertukaran, orang nomor dua di Jatim ini juga mencanangkan adanya East Java Week di Australia Barat, salah satunya di Perth.Baca Juga: DPRD Minta Pelaksanaan PPDB 2022 Kota Bandung Harus Lebih Baik

Harapnya, pekan pertukaran budaya yang terbilang anyar ini dapat menjadi daya tarik turisme baik dari Australia Barat terhadap Jawa Timur dan sebaliknya. Juga, meningkatkan interaksi antar masyarakat di kedua wilayah tersebut.

"Tadi salah satu yang kita apa diskusikan adalah mengadakan semacam Western Australia Week atau WAW di Surabaya pada waktu tersebut, bersamaan dengan kunjungan dari kepala negara bagian dan memperingati kerjasama kita yang sudah berjalan sekian lama," ungkapnya

Tak berhenti di situ, menurut Wagub Emil, Banyuwangi dianggap memungkinkan untuk menjadi tempat transit perjalanan dari Jawa Timur ke Australia Barat.

Emil menambahkan, mengingat lokasi Banyuwangi yang berada di ujung Jatim. Ditambah, Banyuwangi memiliki pelabuhan dan bandar udara internasional sekaligus. Sehingga penerbangan menuju Perth, Australia Barat, tidak harus melalui Denpasar, Bali.

Halaman:

Editor: Try Wahyudi Ari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Jurus Jitu Raih Rumah Idaman

Senin, 1 Agustus 2022 | 16:40 WIB

Bank bjb Dukung Pocari Sweat Run Indonesia 2022

Senin, 25 Juli 2022 | 11:03 WIB

bank bjb Terus Dorong UMKM Agar Berkembang

Sabtu, 23 Juli 2022 | 21:48 WIB

bank bjb Genjot Performa Layanan Digital

Rabu, 20 Juli 2022 | 13:04 WIB

bank bjb Bina Petani Melalui Pola Kemitraan

Rabu, 13 Juli 2022 | 10:31 WIB
X