• Minggu, 5 Desember 2021

West Java Invesment Summit Dorong UMKM Berkembang

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:59 WIB
West Java Invesment Summit  Dorong UMKM Berkembang
West Java Invesment Summit Dorong UMKM Berkembang

BANDUNG, INILAHNEWS – Pemprov Jabar melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus mendorong agar sektor UMKM terus berkembang. Hal itu dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

Melalui  West Java Invesment Summit (WJIS), terdapat sejumlah UMKM yang “mampu” bersaing dengan proyek-proyek besar dan  sedang untuk menarik minat investor dalam dan luar negeri.

Ketiga UMKM itu adalah palm trees atau produk kelapa dengan pemilik proyek CV.Mitra Niaga Indonesia, Hofland cafe punya The Gunung Luhur Berkah dan Kopi Malabar indonesia  milik CV. Malabar. 

Baca Juga: Bjb Sekuritas Perusahaan Daerah Pertama Melantai di Bursa Efek

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, yang mengisi high level session pada hari kedua WJIS, memaparkan strategi pengembangan UMKM melalui skema investasi. la mengaku yakin, UMKM Jabar, secara pasar, sangat prospektif. Hal itu mengingat jumlahnya yang mencapai 5 juta unit usaha. Salah satu cara mengembangkan UMKM adalah dengan mempermudah perizinan dan sertifikasi halal. Sementara cara lain yang ditempuh adalah dengan memperkuat UMKM, baik dari segi kapasitas produk, manajemen, kemampuan, dan pemasaran.

Kemudian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjalankan program penyediaan modal, pendidikan dan pembinaan, serta berkolaborasi dengan beberapa instansi. Salah satu program yang saat ini sedang berjalan adalah One Pesantren One Product (OPOP) untuk mengembangkan UMM berbasis pesantren dan masyarakat sekitar. Diketahui, pondok pesantren banyak terdapat di perdesaan.

Pandemi membuat ekonomi anjlok, tetapi pelan-pepan sudah terlihat membaik. Kami mendorong UMM di daerah melalui pemberian modal, pelatihan, dan kolaborasi dengan pihak lain. Kami sosialisasikan kemudahan ini kepada masyarakat, salah satunya melalui WJIS ini," ujarnya.

Baca Juga: Ini Peluang Investasi Proyek Pembangunan di Jawa Barat

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto mengatakan, salah satu keunggulan UMKM di Jabar adalah dalam bidang kreatif. Walakin, ia mengakui, masih banyak UMKM yang menggunakan modal usaha atau modal pribadi untuk mengembangkan usaha sehingga lama berkembang.

Halaman:

Editor: Ahmad Syukri. A

Tags

Terkini

Pasca Pandemi, Bank bjb Gairahkan Perekonomian Desa

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:32 WIB

bank bjb Raih Penghargaan di Gatra Awards 2021

Rabu, 1 Desember 2021 | 18:49 WIB

bank bjb Salurkan Kerja Sama Kredit MESRA

Selasa, 30 November 2021 | 17:07 WIB

Gandeng Tunisia, Jatim Perkuat Kerjasama Disektor UMKM

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

bank bjb dan Pemda Bekasi Dorong Kemajuan UMKM

Rabu, 24 November 2021 | 13:15 WIB

Bank BJB Jalin Kerja Sama Dengan Indonesia Eximbank

Jumat, 19 November 2021 | 17:04 WIB
X