Yonbekang 2 Kostrad Melaksanakan Dukungan Serbuan Langit 

inilahNEWS - JOMBANG- Yonbekang 2 Kostrad melaksanakan dukungan serbuan langit pasukan Yonif Para Raider 502 Kostrad, titik muat, di pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh Malang, (droping zone/dz) di wilayah Plandaan, Jombang, Jawa timur,Kamis (26/11).

Latihan penerjunan yang dilaksanakan secara rutin ini untuk memelihara kemampuan para prajurit para raider dalam rangka mengasah kemampuan manuver dari udara sebagai bagian dari operasi lintas udara. Demikian juga Yonbekang 2 Kostrad harus siap mendukung dalam Kegiatan penenjunan Pasukan Lintas Udara baik secara recovery udara maupun recovery darat.    Kegiatan yang dipimpin Pasiops Yonbekang 2 Kostrad Kapten Cba Beny Rosa ini mengunakan satu unit pesawat  Herkules C-130, Hercules Short Body A-1337 dengan Pilot Kapten Pnb Endrik, Copil Lettu Pangih dan Lettu Pnb Adiyta dengan menerjunkan sebanyak 234 orang.

Yonbekang 2 Kostrad khususnya Ton Perbekalan Udara dibagi dua tim yaitu tim recovery udara dengan tugas-tugas mereka membantu Jump Master demi kelancaran penerjunan dan pengumpulan deployment bag (kantong payung statik di pesawat). Satu tim lagi yaitu recovery darat dengan tugas membantu penerjun mendarat. Kegiatan paling berat adalah mengumpulkan kembali payung yang tersebar dalam jalur sepanjang droping zone/dz.

Personel Yonbekang 2 Kostrad sendiri yang sering disebut pasukan rigger dikenal sebagai seseorang yang dilatih dan mempunyai lisensi untuk mengepak, memelihara dan memperbaiki parasut.    Seorang rigger harus tahu bahan parasut, peralatan di sekitarnya, tali temali, aturan membungkus dan hal-hal lain terkait, pengepakan, perbaikan, dan pemeliharaan parasut demi mendukung kelancaran pasukan Lintas udara khususnya dalam mendukung tugas pokok  satuan jajaran Brigif  18 Kostrad.    Danyon Bekang 2 Kostrad  Letkol Cba Firmanuddin Lilawangsa, S.I.P. mengucapkan terima kasih banyak Kepada Anggota  yang penuh semangat  mendukung  penerjunan Yonif Para Raider 502 Kostrad di Jombang.

“Syukur  alhamdulillah semua berjalan dengan lancar payung mengembang sempurna para peterjun mendarat dengan aman dan  tetap laksanakan kegiatan sesuai prosedur sebelum, selama dan sesudah dalam pengunaan payung udara sehingan dalam mendukung penerjunan bisa lancar kembali tanpa ada suatu kendala sedikitpun,” kata beliau sedang melaksanakan Latihan Ancab Kartika Yudha Tahun 2020 di Baturaja.

Editor  : Johan

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *