Belajar Asmaul Husna Lengkap Jadi Sangat Mudah, Begini Caranya

inilahNEWS - Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, sudah barang tentu kita wajib mengetahui dan mengenal Allah SWT secara lebih dekat. Salah satu caranya dengan mempelajari nama-nama Allah yang sering kita kenal dengan sebutan Asmaul Husna. Nama-nama terdapat di dalam kitab suci Al-Qur’an untuk dipelajari dan diresapi maknanya bagi umat islam yang ingin mengambil hikmah dari nama-nama indah Tuhannya.

Secara Bahasa, Asmaul Husna diartikan sebagai nama-nama yang baik. Ini merupakan representasi sifat-sifat baik nan agung yang dimiliki Allah SWT sebagai Zat Yang Maha Kuasa atas alam semesta raya. Allah SWT melalui Surah Thaha Ayat 8 berfirman “Tidak ada Tuhan Melainkan Allah. Dialah Allah yang memiliki asmaul husna (nama-nama yang terbaik)”.

Mempelajari dan mengenal Asmaul Husna sangat dianjurkan bagi setiap umat islam. Nabi Muhammad bahkan menjamin, mereka yang mempelajari dan meresapi nama-nama Allah Yang Maha Mulia melalui Asmaul Husna akan mendapat tempat terbaik di surga. “Sesunguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Ahmad).

Orang-orang yang mengingat Allah SWT melalui nama-namanya dalam Asmaul Husna juga mendapatkan keutamaan berupa ketenangan hati. Hal ini disebutkan dalam Surah Ar-Rad ayat 28 yang berbunyi “Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”.

Bagi yang ingin belajar lebih banyak tentang Asmaul Husna dan artinya, Anda bisa mencari tahu melalui berbagai website yang tersedia di internet. Salah satunya seperti yang ditawarkan lewat Tafsirweb.com. Tafsirweb.com menyediakan sarana pembelajaran Asmaul Husna beserta artinya dan tafsir Al-Qur’an secara lengkap dan praktis. Di sana tersedia dua versi bacaan Asmaul Husna yakni, Asmaul Husna Arab dan Asmaul Husna Latin. Ini untuk memudahkan Anda yang baru mulai belajar membaca Al-Qur’an.

Nama-nama Allah SWT dalam Asmaul Husna yang bisa Anda pelajari antara lain, Al Khalik: Yang Maha Pencipta, Al Baari’: Yang Maha Melepaskan (membuat, membentuk, menyeimbangkan), Al Mushawwir: Yang Maha Membentuk Rupa (makhluk-Nya), Al Ghaffaar: Yang Maha Pengampun, Al Qahhaar: Yang Maha Menundukkan/Menaklukkan Segala Sesuatu, Al ‘Aliim: Yang Maha Mengetahui, Al Qaabidh: Yang Maha Menyempitkan, Al Baasith: Yang Maha Melapangkan, Al Khaafidh: Yang Maha Merendahkan, dan Ar Raafi’: Yang Maha Meninggikan.

Selain Asmaul Husna, Tafsirweb.com juga memberikan akses untuk mempelajari tafsir Al-Qur’an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengakses jadwal sholat lengkap lewat Tafsirweb.com. Jadwal sholat tersebut sudah tersedia dengan disesuaikan waktunya untuk semua kota-kota di Indonesia. Jadinya akan lebih mudah bagi Anda yang selalu ingin sholat di awal waktu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *