Menteri LHK Kunjungi KBD Muktisari

inilahNEWS - KAMPAR – Masyarakat Desa Muktisari, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar merasa berbangga hati, karena menjadi tujuan kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar yang sekaligus meresmikan Kebun Bibit Desa (KBD).

Diketahui, untuk wilayah kerja BPDASHL Indragiri Rokan yang meliputi Provinsi Riau dan Sumatera Barat telah dibangun sebanyak 37 unit KBD pada tahun 2020 dengan jumlah bibit sebanyak 1.480.000 batang, termasuk salah satunya yang ada di Desa Muktisari.

Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya (KTH SEBAR) sebagai pengelola KBD Muktisari menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Koramil 16/Tapung, Kodim 0313/KPR dan Korem 031/Wirabima yang telah memberikan bimbingan dan arahan.

“Terima kasih, atas bimbingan dan arahannya, sehingga KBD Muktisari menjadi tujuan kunjungan Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar,” ucapnya mewakili 40 anggota.

Ini merupakan cita-cita kami bersama kami membuat Desa Proklim menuju Riau Hijau, tambahnya.

Disampaikan, KBD Muktisari memiliki 40 ribu batang bibit dengan 16 macam jenis tanaman. Bibit-bibit KBD akan didistribusikan dan ditanam di seluruh wilayah Desa Muktisari dan sekitarnya yang perlu direhabilitasi atau dihijaukan kembali.

Jenis bibit di KBD Muktisari diantaranya Petai, Matoa, Pinang, Mahoni, Cempedak, Manggis, Gaharu, Tampui, Durian, Aren, Nyamplung, dan Ketapang Kencana, jelasnya.

PPK BPDASHL Indragiri Rokan Desmantoro juga menyampaikan apresiasi kepada kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya (KTH SEBAR) sebagai pengelola KBD Muktisari dan Koramil 16/Tapung, Kodim 0313/KPR dan Korem 031/Wirabima yang telah memberikan bimbingan, pembinaan dan arahan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Tri Hesti Indrawati. “Diharapkan KBD Desa Muktisari dapat berkembang menjadi unit pembibitan mandiri yang mampu mensuplai kebutuhan bibit bagi masyarakat maupun mendukung program Rehabilitasi Hutan dan Lahan,” tuturnya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *