Gubernur Riau Bersama Kapolda dan Danrem 031/WB, Tanam Perdana Bibit Jagung Untuk Ketahanan Pangan

inilahNEWS - KAMPAR  –  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau dan Forkopimda Kabupaten Kampar melakukan penanaman perdana benih jagung bersama, atas kerjasama PT. Arara Abadi, Kelompok Tani Hutan Sebar dan Kodim 0313/ KPR di Lahan Konsesi PT. Arara Abadi Desa Bencah Kelubi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Rabu (16/9/2020).

 

Acara ini dihadiri Gubernur Riau Drs. Syamsuar MSi, Kapolda Riau Irjenpol Agung Setia Imam Effendi SH, SIK, MSi, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M. Syech Ismed SE, M.Han dan Kepala Dinas DLHK Prov. Riau Dr. Ir. Maamun Murod, MM.

 

Turut hadir Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Leo Octavianus M. Sinaga S.Sos, M.I.Pol, Danyonif 132/ Bima Sakti Mayor Inf. Muhammad Syafi’i Nasution, Direktur PT. Arara Abadi Ir. Edie Haris MZ, Upika Kecamatan Tapung dan Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya (KTH Sebar).

 

Ketua Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya (Sebar) Desa Mukti Sari, Joko. S, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PT. Arara abadi, yang telah mengajak Kelompok Tani Hutan Sebar Desa Mukti Sari bekerjasama menanam palawija pada lahan konsesi PT. Arara Abadi dengan sistim Tumpang Sari, semoga kerjasama ini berdampak dalam peningkatan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat, ungkapnya.

 

Sementara itu, Danrem 031/WB, Brigjen TNI M. Syech Ismed SE, M.Han mengapresiasi kerjasama itu dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di Riau dan Kabupaten Kampar khususnya. Terdapat 3 Hektar lahan yang disiapkan untuk ditanami jagung dengan sistem tumpang sari, pada lahan di kawasan HTI PT. Arara Abadi Desa Bencah Kelubi Kecamatan Tapung ini.

 

“Kegiatan ini sangat tepat dan sangat dibutuhkan terutama saat terjadinya Pandemi Covid-19 sekarang ini, terimakasih atas dukungan Pemda Kampar, Polres Kampar dan juga PT. Arara Abadi serta Poktan Hutan Sebar dengan Kodim 0313/ KPR atas kerjasama ini,” kata dia.

 

Sementara Gubernur Riau Drs. Syamsuar MSi, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini dengan pemanfaatan lahan untuk meningkatkan ketahanan pangan, semoga kegiatan ini berhasil dan berkembang serta berkontribusi pula dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Menurut Gubernur Riau, kegiatan ini juga diharapkan dapat menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, karena keikutsertaan kelompok tani dalam mengelola lahan dan ikut mengawasi kawasan ini.

 

Terakhir Gubernur mengingatkan tentang protokol kesehatan dan meminta seluruh lapisan masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ini guna menekan penyebaran Covid-19.

 

Usai sambutan dari Gubernur Riau dilakukan Penanaman Bibit Jagung secara simbolis oleh Gubernur Riau bersama Forkopimda Provinsi Riau dan Forkopimda Kabupaten Kampar.

 

Kegiatan pembukaan penanaman perdana bibit jagung oleh Gubernur Riau dan rombongan di Desa Bencah Kelubi ini berakhir pada pukul 10.30 wib, selanjutnya Gubernur Riau dan Rombongan sebelum kembali ke Pekanbaru menuju tenda transit untuk istirahat dan makan siang.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *