Sebanyak 117 Warga Desa Mekarasih Kecamatan Malangbong Jalani Skrining

inilahNEWS - GARUT- Tim Sub Divisi Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut melakukan skrining terhadap warga kampung ciwalur RT 3 RW 1 desa Mekarasrih Kecamatan Malangbong, Selasa (30/6/2020). Gara-garanya, seorang perempuan asal Bandung positif terpapar virus corona.

 

Ada sebanyak 117 warga desa mekarasih kecamatan malangbong menjalani skrining dengan diambil swab tes Covid-19 tersebut. Juga dilakukan penyelidikan epidemiologi.

 

Menurut Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita, sebanyak 117 warga diskrining tersebut merupakan kontak erat dari warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang berdomisili di Bandung. Hal itu menyusul yang bersangkutan sempat berkunjung ke rumah orang tuanya di kampung ciwalur desa mekarasih kecamatan Malangbong pada 11 hingga 16 Juni 2020.

 

Pada 18 Juni 2020, perempuan tersebut diperiksa PCR di laboratorium di Kota Bandung dan pada 21 Juni 2020, hasilnya baru keluar dengan menunjukkan bila yang bersangkutan positif Covid-19.

 

“Jadi, pasien konfirmasi positif ini warga Malangbong namun kerja dan berdomisili di Bandung. Karena dia sempat pulang ke rumah orang tuanya di Malangbong maka dilakukan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan sampel swab terhadap kontak eratnya di Malangbong untuk mencegah penyebaran virus,” ujar Yeni.

 

Yeni mengatakan, selain di Malangbong, Tim Sub Divisi Pencegahan juga melakukan tindaklanjut tracking dan tracing terhadap sebanyak 30 orang kontak erat konfirmasi positif Covid-19 tepatnya KC-25 di Kecamatan Malangbong.

 

Berkaitan kasus Covid-19, Yeni menyebutkan terdapat penambahan kasus baru ODP sebanyak lima orang. Sehingga total kasus Covid-19 di Kabupaten Garut hingga 30 Juni 2020 pukul 18.00 WIB mencapai sebanyak 4.732 dengan 33 kasus kematian.

 

Kasus OTG mencapai 1.904 orang, ODP sebanyak 2.724 kasus, PDP sebanyak 78 kasus, dan konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 26 kasus.

 

“Pasien yang masih dalam perawatan saat ini sebanyak enam orang. Satu di antaranya kasus positif, satu kasus PDP, dan empat kasus ODP,” imbuhnya.

Penulis   :   Restu Fauzi

Editor    :   Ahmad Syukri

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *