Ini Cara Terhindar Dari Aksi Begal

inilahNEWS - BANDUNG- Aksi begal di jalan yang disertai kekerasan  masih kerap terjadi. Pelaku nya pun tak segan-segan melukai korbanya. Mereka biasanya selalu membekali dirinya dengan senjata tajam.

Lantas, bagaimana seharusnya kita menyikapi kejahatan ini? Khususnya bila sewaktu-waktu kita dihadapkan dengan begal?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan, sebaiknya masyarakat cegah keluar rumah hingga larut malam. Terlebih lagi dalam keadaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di mana beberapa ruas jalan manjadi sepi.

“Dalam kondisi seperti ini, idealnya keluar rumah maksimal pukul 7 malam ketika suasana masih hidup. Atau sebelum buka puasa segera balik ke rumah, karena kondisinya rawan,” ujar Sony dikutip kompas.com, Kamis (7/5/2020)

“Namun, jika benar-benar terpaksa, usahakan tidak berpergian sendiri. Selalu riding motor cari teman, bukan bonceng tapi ya paling tidak dua sampai tiga motor<” kata dia.

Tetapi, kaat Sony, jika tidak ada teman lebih baik tidak usaha jalan. Jangan lupa untuk merencanakan rute yang akan dilewati. Hindari ruas jalan yang sepi, dan pastikan kendaraan dalam kondisi yang optimal sehingga tidak membuat berhenti mendadak ditengah perjalanan.

“Informasikan juga rute kepada orang terdekat, manfaatkan fitur live location agar orang lain bisa memantau pergerakan selama di jalan. Intinya tentukan jadwal berangkat dan jangan ambil risiko,” kata Sony.

Namun bagaimana jika kita sudah dalam kondisi dipepet kawanan begal? Sony menyarankan pengendara segera bunyikan klakson sebagai pertanda darurat agar menarik perhatian warga sekitar.

Bila ada kesempatan segera menghindar dan jauhi kawanan tersebut. “Jangan mencoba untuk melawan kawanan begal, karena mereka sudah siap untuk melukai orang, jadi tidak akan seimbang. Jangan lupa untuk catat pelat nomor dan ciri-ciri kawanan begal untuk informasi tambahan saat melapor ke polisi” kata Sony.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *