Meski Saat Ini Terpuruk, Sektor Pariwisata Akan Booming  di Tahun 2021

inilahNEWS - JAKARTA- Pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi virus Corona. Sudah beberapa bulan, sektor ini tak bisa bernapas. Padahal, sektor pariwisata menyangkut banyak pekerja baik pekerja hotel, restoran hingga pedagang-pedagang kecil.

 

“Oleh sebab itu, langkah-langkah mitigasi perlu secepat-cepatnya dilakukan. Pertama program perlindungan sosial pekerja yang bekerja di sektor pariwisata betul-betul dipastikan ada dan sampai kepada sasaran,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka rapat terbatas, Kamis (16/4/2020).

Selain menyiapkan perlindungan sosial, mitigasi yang disiapkan pemerintah lainnya adalah realokasi anggaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jokowi ingin anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa dialihkan untuk membuat program yang mampu menampung banyak pekerja.

 

“Harus diarahkan semacam belum tahu bentuknya apa, tapi semacam program padat karya, kerja yang di bidang pariwisata,” terangnya.

Dia juga meminta para menterinya untuk menyiapkan stimulus ekonomi bagi para pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya agar mereka bisa bertahan dan tidak melakukan PHK hingga COVID-19 lenyap.

 

Jokowi meminta hal itu lantaran meyakini wabah COVID-19 akan berakhir di akhir tahun ini. Dengan begitu dia meramal akan terjadi booming pariwisata di 2021.

 

“Saya meyakini ini hanya sampai pada akhir tahun. Tahun depan terjadi booming di bidang pariwisata,” ucapnya.

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *