Pariwisata Bali Anjlok Sampai 95 Persen

inilahNEWS - BALI- Kunjungan wisatawan mancanegara ke pulau Bali saat ini anjlok sekitar 95 persen. Penurunan terjadi akibat penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19.

 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa mencatat, kunjungan wisatawan hanya berkisar 500 orang per hari pada saat ini. Padahal, biasanya mencapai 10,5 ribu sampai 11 ribu orang per hari di waktu normal.

 

“Selain karena pandemi global, juga ada ketentuan pembatasan kunjungan baik yang transit maupun yang datang ke Indonesia, itu kan dibatasi,” ujar Putu kepada wartawan baru-baru ini.

 

Ia menuturkan, kunjungan wisatawan saat ini didominasi oleh turis asal Australia. Sementara dari negara-negara lain sudah menurun drastis, khususnya China.

 

Menurut dia, penurunan jumlah kunjungan turis turut memukul bisnis pariwisata, misalnya kunjungan ke tempat wisata hingga tingkat keterisian (okupansi) hotel. Saat ini, kata dia, tamu hotel hanya diisi oleh turis yang sudah terlanjur berada di Bali dan yang memiliki keluarga di Pulau Dewata.

 

“Tentu akhirnya hotel mulai sepi tidak ada tamu dan berdampak pada guide-guide, sehingga tidak punya pekerjaan,” katanya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *