bjb-debit-card-solusi-transaksi-anda

Pemda Brebes Sambut Hangat Kedatangan Ribuan Mahasiswa IAIN SNJ Cirebon

inilahNEWS - CIREBON –  Ribuan mahasiswa IAIN SNJ Cirebon yang ingin melaksanakan kegiatan KKN di Kabupaten Brebes,  Jateng,  disambut hangat oleh  pemerintah daerah Kabupaten Brebes.

 

Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPERLITBANGDA) Kabupaten Brebes,,  kegiatan penerimaan mahasiswa KKN pun dikangsungkan di kantor BAPERLITBANGDA Kabupaten Brebes. Kamis (11/07/2019).

Pada acara tersebut,  Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon), menghadiri bersama rombongan civitas akadenika IAIN SNJ Cirebon,  yakni Drs. Subarja, M.Pd (Kepala Biro AUAK), Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag (Kepala LPPM).

 

Sementara dari pihak Pemerintah daerah Kabupaten Brebes hadir Dr. Angkatno, SH, M.Pd (Kepala Dinas BAPERLITBANGDA Kabupaten Brebes), dan  dr. Sartono, M.M (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes) dan lainnya.

 

Dalam kegiatan tersebut,  Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag(Kepala LPPM) menyampaikan laporan pelaksanaan KKN “dasar pelaksanaan KKN ini yaitu Tri Dharma yang memiliki tujuan agar mahasiswa dapat belajar secara langsung bersama masyarakat.

 

Menurut Yani  waktu pelaksanaan KKN dimulai dari tanggal 10 Juli s/d 20 Agustus 2019. Peserta KKN sebanyak 1.572 mahasiswa, 105 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), lokasinya tersebar di 7 kecamatan (Losari, Tanjung, Kersana, Bulakamba, Ketanggungan, Larangan, dan Brebes) Kabupaten Brebes. Output KKN ini berupa naskah akademik dan film pendek terkait dengan kegiatan pengembangan masyarakat”.

 

Sementara, Rektor SNJ Cirebon  Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag menyampaikan rasa terimakasih dan memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Brebes yang telah bekerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai tempat pelaksanaan KKN. Beliau juga memberikan nasihat kepada mahasiswa agar mampu mengembangkan Desa tempat KKN.

 

“KKN bisa menjadi sebuah bekal setelah mahasiswa lulus. Mahasiswa harus bisa hidup, belajar dan bekerja di masyarakat. Mahasiswa harus bisa menggunakan metode PAR (Parcipatory Action Research) saat belajar dalam lingkungan masyarakat. Kita berasal dari perguruan tinggi agama, tunjukanlah nilai – nilai agama dalam keseharian. Selain membawa misi keilmuan juga membawa misi keislaman”, lanjutnya.

 

Dr. Angkatno, SH, M.Pd, Kepala Dinas BAPERLITBANGDA Kabupaten Brebes yang mewakili Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Brebes mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan selamat menjalankan KKN di Kabupaten Brebes. Kerjasama IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Pemerintah Kabupaten Brebes, semoga dapat membantu pembangunan masyarakat Kabupaten Brebes.

 

“KKN bukan hanya seremonial dan menggugurkan kewajiban saja akan tetapi KKN bisa menjadi media pembelajaran dan sebagai bentuk kontribusi nyata konsep pemberdayaan masyarakat yang diajarkan di perkuliahan. Jagalah sikap dan perilaku, cepatlah beradaptasi dengan adat istiadat masyarakat setempat”. pintanya.

 

Dirinya juga berharap,  dengan kegiatan KKN mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat mengamalkan ilmu yang mereka dapatkan untuk membantu masyarakat setempat mengembangkan potensi daerah dan mahasiswa juga dapat belajar berbagai kearifan lokal dari masyarakat setempat. (din)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *