Atasi kemacetan Mudik ,Polisi Siapkan Sejumlah Skenario

inilahNEWS - JAKARTA- Guna mengantisipasi kemacetan di Jalan Tol Trans-Jawa dan jalur arteri pantai utara saat mudik nanti, polisi lalu lintas menyiapkan sejumlah skenario. Salah satunya adalah memberlakukan sistem satu arah (one way) mulai Kilometer (Km) 70 Cikampek hingga Km 263, dan sistem lawan arus (contraflow) mulai Km 29 hingga Km 61 pada 30 Mei – 2 Juni, pukul 09.00 – 21.00.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri kepada wartawan mengatakan, contraflow itu disesuaikan dengan perkembangan di lapangan atau situasional.
“Kami beri kewenangan kepada petugas di lapangan untuk melakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kemacetan,” kata Refdi kemarin malam.

Ia optimistis mudik lebaran kali ini akan lebih baik. Sebab berbagai sarana infrastruktur dan pendukung lainnya sudah dipersiapkan para pihak terkait. Ia antara lain menyebut penambahan area istirahat dengan berbagai fasilitasnya, termasuk layanan pengisian BBM bergerak.

“Pertamina sudah menyiapkan mobil dan sepeda motor untuk memasok BBM bagi kendaraan yang kehabisan di tengah jalan,” ujarnya.

Secara khusus, Refdi mengungkapkan keprihatian sekaligus empati terhadap para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Ia juga membagikan tips mudik yang aman dan nyaman, serta happy di tempat tujuan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *