Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Kebakaran Kapal Di Muara Baru

inilahNEWS - JAKARTA- Polisi menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus kebakaran kapal di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Ketiganya adalah S (27), W (35) dan T (33).

, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, mengatakan peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu (23/2) lalu ditetapkan sebagai tindak pidana sehingga langsung dilakukan penyidikan dan menetapkan tersangka.

 

“Ada tiga tersangka sudah ditetapkan dalam gelar perkara, disesuaikan dengan SOP, pertama adalah tersangka S sebagai tukang las, yang kedua tersangka W sebagai mandor dan ketiga tersangka T sebagai nahkoda,” kata Argo kepada wartawan, sabtu (2/3/2019).

 

Penetapan ketiga ternsagka tersebut, kata Argo, karena peran masing-masing yang menjadi penyebab kebakaran. Tersangka S dinilai lalai saat melakukan tugasnya sebagai tukang las. Untuk tukang las, dia kan las dalam kapal, ruang mesin, dia tahu SOP pengelasan. “Misal harus ada blower, oksigen juga, nggak pengap, ada penyedot hawa panas tapi nggak dilakukan. Selanjutnya tersangka W yang berperan sebagai kepala mandor dinilai mengetahui SOP pengelasan,” ujarnya.

 

Pada saat kejadian tersangka W tidak memberitahu apa yang seharusnya dilakukan. Tersangka T atau kapten kapal, dia kan sudah lama, sudah bersertifikat sebagai nahkoda. Jadi dia sudah tahu kalau ada problem di kapal, dia tahu bagaimana penyelesaiannya tapi dia nggak laksanakan.

 

“Alhasil tersangka S dijerat dengan Pasal 187 atau Pasal 188 KUHP. Tersangka W dan S disangkan dengan Pasal 55 ayat 1 jo Pasal 187 atau Pasal 188 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan bahaya. (dade)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *