Wow, Banyak Makanan Langka Di Pasar Buhun

inilahNEWS - BANDUNG : Setiap cafe yang menjadi tempat nongkrong anak muda, biasanya menyediakan menu modern ala jaman now. Namun jika kita berkunjung ke Zie Cafe di Jalan Van De Venter No 14 Bandung ada hal yang unik yang pasti membuat kita penasaran ingin datang. Karena setiap weekend cafe ini menggelar event kuliner yang diberi nama pasar buhun.

Di pasar buhun ini kita menyajikan belasan kudapan khas sunda buhun yang dapat anda coba. Bahkan diantara kudapan ini ada yang sudah berusia 150 tahun tidak pernah dijumpai lagi di tanah sunda.

Belasan jenis kudapan langka itu diantaranya Angleng, Dapros, Mie Leor, Ciwangi, Sagon Ngeprul, Tutut, Ketan Bakar, Barondong, Kalua, Sate Maranggi, Kadedemes, Ulen, Sirop Pala, Rangginang dan Bakecrot.

Angleng

 

Dapros

kadedemes

“ Masyarakat Sunda di Jawa Barat memiliki kekayaan warisan budaya yang sarat dengan aspek gastronomy, yaitu seni menghidangkan makanan dan minuman yang tidak terlepas dari segala upaya dan karya menghasilkan menu unggulan dari bahan baku lokal di tanah Priangan,” ujar Dewi Turgarini dari Pusat Belajar Warisan Budaya Gastronomi Sunda (PBWBGS) di Cafe Zie, Sabtu, (21/4/2018).

Menurut dosen Universitas Pendidikan Indonesia ini, pelestarian makanan dan minuman Sunda menjadi sangat penting  karena banyak sekali dalam daftar  menu makanan tersebut sudah tidak mudah ditemukan di Kota Bandung.

“ Pasar buhun ini merupakan langkah strategis,  sistematis, bila dilaksanakan oleh para stakeholder pelestari makanan dan minuman Sunda secara konsisten  dapat pula menjadikannya sebagai destinasi wisata gastronomi Sunda di Kota Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, penggagas event pasar buhun, Gita mengatakan kegiatan itu digelar dalam rangka mengenalkan kembali makanan khas sunda kepada masyarakat kota Bandung, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pola hidup sehat.

“ Di pasar buhun pengunjung dapat menyaksikan langsung demo membuat dan mengolah makanan itu dari bahan mentah sampai jadi,” kata Gita.

Tidak hanya itu, setiap minggunya, di pasar buhun hadir pakar gastronomi, chef kondang dan pelaku usaha yang masih memproduksi kudapan khas tersebut.

“ kita mengundang para pelaku UKM yang memproduksi makanan-makanan tadi. Tidak hanya itu,  kita juga mengemas acara dengan menampilkan beragam musik sebagai hiburan bagi pengunjung,” kata salah satu musisi kota Bandung ini.

Bahkan kata dia, musisi Doel Sumbang pun nantinya akan turut terlibat dengan mengenalkan makanan “ pacantel rasa”.

“Kedepan, event ini akan rutin diadadakan setiap weekend dengan menampilkan beragam kudapan lainnya yang tentu saja langka,” tambah Gita.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *